Puluhan Anggota dari Berbagai Pangkalan Gugusdepan Ikuti JOTA-JOTI di Kwarcab Ngawi

73
0
Pembukaan Jota Joti 2019 Kwarcab Ngawi. Foto : DKC Ngawi

NGAWI — Puluhan anggota pramuka dari berbagai pangkalan gugusdepan mengikuti Jamboree on The Air dan Jamboree On The Internet (JOTA JOTI) tahun 2019 di Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Ngawi, mulai Jumat (18/10/2019).

Selama dua hari, para peserta diberikan wawasan kepramukaan dan belajar dari awal tentang cara mengikuti kegiatan digital internasional terbesar ini. Namun kali ini, Kwarcab Ngawi hanya menyediakan tools atau media untuk JOTI, karena untuk JOTA belum memungkinkan.

Jota Joti tahun 2019 di Kwarcab Ngawi. Foto : DKC Ngawi

Para peserta diberikan materi tentang Scoutlink beserta aplikasi-aplikasi Joti lainnya seperti Skype, Joti TV, dan aplikasi scoutlink untuk Android atau sejenisnya.

Dalam kesempatan ini, salah satu peserta juga bisa mencoba tools Joti yang baru ada di tahun 2019 yaitu aplikasi Zello yang disiapkan oleh Scoutsnet Inggris.

Stasiun yang digunakan adalah satu-satunya dari Indonesia dengan Call Sign YSH1001 – Indonesia yang didaftarkan oleh Kak Choiri Setiawan, tim Media Kwarcab Ngawi.

Peserta bernama Bagus Maulana dengan arahan Kak Choiri menyampaikan perkenalan di stasiun Zello ScoutsNet dan kemudian disambut oleh peserta lain dari Malaysia dan Inggris.

Selain mengenalkan Zello, Kak Choiri juga mengenalkan aplikasi TeamSpeak yang merupakan media aplikasi untuk Joti yang mempunyai fitur voice call yang sudah lebih dahulu ada dan digunakan dalam pelaksanaan joti daripada Zello. (cst)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × five =